I’m Mikroskil Powerful Training 2013/2014 (Part 1)

Kali ini aku bakalan membahas pengalaman yang bisa dikatakan pengalaman yang penuh dengan kesan yang tidak terlupakan. Tanggal 9 september merupakan hari pertama ku memulai kuliah di mikroskil, namun seperti kebanyakan kampus lain setiap mahasiswa baru bakalan merasakan yang nama nya “OSPEK” yang jelas hal itu sudah menjadi budaya setiap mahasiswa baru yang baru masuk kuliah. Nah banyak orang bilang ospek itu merupakan hal yang tidak mendidik karena banyak kasus di berita karena OSPEK banyak mahasiswa baru yang dipukul dengan kakak senior nya hingga ada yang tidak bernyawa lagi. Namun hal itu sangat berbeda dengan apa yang ku alamin. Di judul kita lihat “Mikroskil Powerful Training” Konsep nya sama seperti OSPEK namun ini sangat berbeda, disini kita di training habis-habisan menjadi The Leaders of tomorrow sesuai dengan tema dari MPT.

Oke postingan kali ini aku khusus kan buat adik-adik yang ingin memasuki jenjang kuliah tahun depan di mikroskil, why mikroskil? Karena Mikroskil Powerful Training hanya bisa ditemukan di kampus mikroskil. Sebenarnya tak hanya itu alasan ku memasuki kampus ini melainkan Manajemen yang sangat baik, satu-satu nya jurusan IT yang ber akreditasi B di SUMATERA ! hebat? Bangga malah bisa masuk disini walaupun baru beberapa hari tapi sudah bisa merasakan bagaimana pengajaran yang tertata,ter-arah,dan baik. Satu alasan lain yang mungkin terlihat lucu yakni karena banyak orang cina nya, yap di kota medan banyak kulihat orang cina yang sukses-sukses dari usaha nya maka dari itu aku ingin sekali bisa bersosialisasi dengan mereka dan berteman.

Sebelum nya MPT itu apa sih? Di MPT kita akan di training untuk menjadi pemimpin dan mengubah pola pikir kita selama masih di jenjang SMA/SMK/atau sederajat menjadi pola pikir mahasiswa kira-kira begitu yang kutangkap. Nah di hari pertama aku pun bergegas ke kampus mikroskil yang terletak di jalan thamrin sebelum rel kereta api. Tepat nya jam 7 pagi langsung halaman kampus mikroskil B di padati calon-calon mahasiswa baru mikroskil, walau agak bingung masuk barisan mana saking ramai nya langsung deh ambil barisan baru dan tak hanya itu sambutan kakak senior nya bukan selamat datang adik-adik tetapi cepat kalian ! cepat tu cepat ! baris yang benar ! angkat kwitansi kalian tinggi-tinggi !. Widiihhh baru kali ini sambutan OSPEK bikin deg-degkan. Jangan berharap nemu kakak senior yang ramah terkecuali buat kakak-kakak pembimbing masing-masing grup yang total nya ada 19. Kebetulan aku di grup 4 dan dibimbing oleh kak hengki dan guwa salut ama kak hengki orang nya baik dan sabar membimbing kami hingga selesai dari MPT hi hi hi. Di hari pertama kami diberi buku paduan dan lembaran pernyataan, di lembaran itu wajib di isi dan dikumpul paling lambat sebelum MPT berakhir yang hanya berlangsung selama seminggu. Sebenarnya tidak seminggu melainkan 2 hari adalah waktu kosong untuk membeli peralatan yang harus dibeli untuk dipakai di hari kamis karena itu adalah jadwal MIKROSKIL POWERFUL TRAINING 1, jadi di hari pertama adalah Gladi Bersih yang begitu capek dan melelahkan disuruh sama kakak senior nya jika melakukan kesalahan disuruh “JONGKOK KAMU!” “BERDIRI KAMU!””CEPAT TU CEPAT” kata-kata itu masih terbayang di pikiran ini dan jujur guwa kangen dengan kata-kata itu ntah kenapa pengen dengar kata-kata itu dari kakak senior lagi khusus nya buat yang kakak-kakak senior yang cewek suara nya itu keras kali.

Pasti kalian semua berpikir kalau di hari pertama nya atau Gladi Bersih masih ada waktu kosong untuk istirahat, nyata nya tidak. Kalian akan terus mengikuti segala schedule jadwal yang ada yang selalu FULL TIME hingga maghrib menjelang. Di hari pertama kami disuruh menyanyikan lagu MARS Mikroskil yang guwa rasa ini lagu bikin hati semangat, nada nya bikin enak di dengar salut deh !. Di hari pertama lebih banyak pengenalan dan juga memberikan beberapa hal yang harus dibawa untuk MPT 1 di hari kamis nanti. Nah disitulah paling ribet nya harus mencari barang yang sulit untuk dicari yakni mulai dari bunga tai ayam, barang-barang harus sesuai dengan warna jurusan dan lain-lain. Tapi dibalik itu semua ternyata semua sudah direncanakan oleh panitia MPT bukti nya barang-barang tersebut tidaklah sulit dicari jika kita mempunyai keseriusan yang besar, bukti nya bunga tai ayam yang baru pertama kali kudengar ternyata hanya berjarak 100 meter dari kampus yakni di pajak thamrin disitu banyak berbagai variasi bunga tinggal dipilih saja, terus untuk masalah barang harus sesuai warna jurusan contoh kasus tali sumbu mesti berwarna biru jika dia pilih jurusan sistem informasi yah tinggal diwarnai pakai cat, pewarna pakaian dan yang berhubungan mewarnai.

Yang pasti kita diberi waktu selama 2 hari untuk melengkapi segala hal yang disuruh di hari Gladi Bersih. Satu lagi untuk hari pertama tak perlu bawa makan siang yang banyak-banyak toh alhasil bakalan terbuang makanan kalian karena waktu yang diberikan tak sampai 5 menit, dan wajib ada nasi nya. Saran aku sih mending bawa nasi setengah sendok besar dan perkedel 2, itu udah membuat kalian bakalan kenyang deh atau telur dadar juga boleh asal jangan bawa lauk pauk yang ribet maksud nya mesti buka karet nya lagi alhasil baru selesai buka makanan malah waktu sudah selesai.

Lanjut Part 2 >  I’m Mikroskil Powerful Training 2013/2014 (Part 2)

2 thoughts on “I’m Mikroskil Powerful Training 2013/2014 (Part 1)

  1. Cha Lambert says:

    Seru dan ketawa ngakak baca ceritanya.
    Baru tahu di mikroskil ada juga gitu yaa 🙂
    bagi ceritanya tentang kuliahnya dong, ada anti rasis sama pribumi gak yaa ??? hehehe 🙂

  2. Phing says:

    Yg sy ospeknya jg jd syarat lulus kuliah ya? Aneh ya..gak ada hub nya kalee..bagi yg tidak ikut ktnya tidak bs lulus alias tidak bs wisuda..apaan kyk gitu?

Ada Unek-unek?